-->

Lainnya Toggle

Korupsi Buku dari Daerah ke Daerah

Korupsi dan praktik-praktik setan di dunia perbukuan memang bukan soal sepele. Oleh karena itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi  perhatian khusus. Dari data kronik yang dihimpun ICW, KPK sudah/sedang melakukan penyelidikan dan penyidikan di 14 kabupaten/kota se-Jawa Tengah dan Yogyakarta.1

Pada 2003 Kejaksaan Negeri Karawang menahan mantan Kepala Dinas Pendidikan  Dadang Wargadinata dan Kepala Bagian Umum Program dan Pelaporan Dinas Pendidikan Amid Mulyana (Rp 500 Juta). Di Sleman pada 2004, mantan Ketua DPRD Djarot Subiyantoro, Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Bahrum, dan Ketua Panitia Pengadaan Buku Matsuko Muhdori masing-masing divonis penjara 5 dan 4,5 tahun lantaran mengkorup uang negara sebesar Rp 11,8 Milyar.

Antara 2003-2004 di Purworejo, Pengadilan Negeri Semarang menahan mantan Bupati  Marsaid di mana negara dirugikan sebesar Rp 4,6 Miliar. Mantan Bupati Semarang Bambang Guritno divonis pengadilan dua tahun penjara karena terbukti korupsi uang buku sebesar Rp 620 Juta.

Dari Kendal, pada 2004 Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan KPK memvonis mantan Bupati Hendy Boedoro dengan tujuh tahun penjara, denda Rp. 200 juta dan membayar uang pengganti Rp 3,47 miliar. Besar dana buku yang dikorup: Rp 47 Miliar.

Masih di tahun 2004. Tapi ini korupsi buku di Pemalang. Kejaksaan memenjarakan mantan Kadinas P dan K Bambang Sukojo, Kepala Tim Pengadaan Barang Josaphat Soenarjo, Pimpinan Kegiatan I Agus Sukisno, dan Pimpinan Kegiatan II Kartijan. Uang buku yang dibancak sebesar Rp 26,587 Miliar.

Kini singgahlah di Brebes. Pada 2004 polisi menyikat Bupati Brebes Indra Kusumah, ketua DPRD Brebes Drs.H.Sare’i Abdul Rossyid, Kepala Dinas Pendidikan Tarsun MM. Ketiganya dituduh menggelapkan uang buku Rp 8,3 Miliar.

Di Salatiga pada 2004, satuan polisi memejahijaukan mantan Walikota Totok Minarto (alm), mantan Kadinas Pendidikan Bakrie, dan Pimp. DPRD Sri Utami Djatmiko dan Sutrisno dengan kerugian negara sebesar Rp17,6 Miliar.

Adapun di Yogyakarta, Polres Sleman sejak 2005 hingga Juni 2009 mengusut korupsi pengadaan buku yang merugikan keuangan negara Rp 12 miliar. Korupsi yang juga menyeret bupati ini melibatkan enam orang daripelbagai instansi terkait. Saat ini Bupati Ibnu Subiyanto sudah mendekam dibui.6 (Bersambung)

END NOTE

  1. ICW, www.antikorupsi.org, 25 Agustus 2008.
  2. Jawa Pos. 23 Februari 2008. “Tiga Tahun Korupsi Buku di Jogja”.

1 Comment

Nurkholis AM - 26. Jun, 2009 -

KPK terus aja grebek dan pejarakan para koruptor. Jangan taku gertakan calon Presiden SBY. Jika KPK emang di pihak yang benar InsyaAlloh Bantuan dari Alloh akan datang. Semangat KPK

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan