-->

Perpustakaan Toggle

Kathleen Azali, Campuran C2O, Library, Cinemateque, Café

C2O Library

C2O Library

Mungil dan malu-malu. Begitu lah rumah buku C2O itu. Seperti siempunya yang juga mungil dan malu-malu mempromosikan istana bukunya. Rumah buku itu terselip diantara beton-beton yang melingkupi Surabaya. Bersembunyi di sebuah rumah tua di jalan Dr. Cipto. Hanya selemparan batu dari hadapan Konjen Amerika. Sunyi, sesunyi buku-buku yang ada di dalamnya.

Adalah Kathleen Azali, gadis kutu buku yang menunggui rumah buku itu. Bermula dari ketekunannya mencari informasi dari buku, ia ingin membaginya untuk masyarakat kota Surabaya. Kathleen merasa dia banyak tak tahu tentang banyak hal. Karenanya ia susuri buku-buku untuk membuka jendela pengetahuannya. Dan diraupnya segala macam buku. Dari sejarah, filsafat, anthropologi, sastra, saint, sampai komik dan dunia anak. Buku-buku itu membuatnya asyik di dunia kecil sarat informasi. Dan ia tak mau beranjak. Sunyi adalah kawannya. Dalam sunyi itu ia begitu benderang. Karena buku menyinarinya.

Istana itu pun dibangunnya dengan senyap. Rumah bagi buku-buku kesayangannya. Ia manjakan betul buku-bukunya dengan kasih sayang dan kecintaan penuh. Seperti ibu mengasuh anak-anaknya. Kamar dan perabot ia sapu dengan warna-warna ceria dan tertata apik. Jendela dan pintu dibukanya lebar-lebar hingga udara segar memenuhi ruang. Makanan dan minuman ringan ia sediakan di sudut. Sebuah televisi dan DVD player ia tambahkan di tengah ruangan. Dinding halaman ia jadikan kanvas karya-karya komikus muda Surabaya yang bersembunyi di bawah tanah. Menyuarakan pemberontakan pada sistem sosial dan kegelisahan anomali kekuasaan.  Ruang kosong di samping rumah ia sediakan untuk ajang pameran dan kegiatan budaya seputar buku, film, dan seni. Rumah buku itupun menjadi wadah yang lebih luas, sebuah ruang budaya publik urban kota niaga.

Menampung kebutuhan informasi tentang seni dan buku di Surabaya, C2O menyimpan 3000 buku fiksi dan non fiksi dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Juga 700 film klasik yang selalu diputar setiap sabtu pukul 4 sore. Disinilah biasanya komunitas film indie dan pecinta film klasik mendiskusikan film dengan keseriusan tanpa melepas jiwa muda nan kreatif dan progresif. Kathleen juga menerima pemesanan film-film atau buku yang tidak diputar di Sinema 21. Rak khusus komik independen ia sediakan untuk menampung karya-karya kreatif komikus muda Surabaya. Di rumah buku ini, seni dan buku berbaur dengan intim dalam nuansa yang dinamis dan ceria.

Tak berhenti disitu, Kathleen menerbitkan bulletin Douze sebagai media informasi koleksi dan kegiatan. Bulletin ini memuat artikel, maupun liputan seputar buku, komik, film, dan music dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. Tak ketinggalan juga rubrik yang memajang karya visual sperti komik, karikatur, fotografi, dan ilustrasi. Bulletin ini terbuka untuk umum.

–      Info : http://coffee-cat.net/c2o/library/

Cathleen 0858 5472 5932

C2o.library@yahoo.com

C2O Library, Jl Dr. Cipto No 20 Surabaya 60264

6 Comments

Lalu Abdul Fatah - 24. Jun, 2009 -

Wow! Boleh nih saya datangi. Thanks ya telah berbagi infonya Mas Muhiddin…

missy_butterfly - 30. Jun, 2009 -

heyyyeeehhhh fataahh ini, klo diajakin ESOK kok ya malu2 mau huehehehe.. padahal kapan hari pas acara bedah bukunya Mbak Sasa dan Gus Muh, kita booking C2O.

kapan2 janjian kesono nyok!!…

Rudd - 27. Jun, 2009 -

Trim’s infonya ttg rumah buku…info tsb sangat berguna bg saya krn selama ini sy sdg mencari2 semacam rmh buku spt itu.
InsyaAllah dlm wkt dekat ini sy akan nengok kesana.
Sekali lg terimakasih banyak.

Salam

tinta - 28. Jun, 2009 -

kathleen (dengan huruf k) seorang pustakawan handal hehe…
c2o tempat paling keren di surabaya +P

cindoel - 03. Sep, 2009 -

sepertinya tempat membaca yang menyenangkan…

pauline - 28. Mar, 2011 -

setuju dengan tinta. c20 tempat yg sangat menyenangkan, very hommy. koleksi bukunya jg lumayan beragam. Yg empunya tempat jg ramah ^^ (skali lg dateng dapet welcome drink ya Kath – pake “K”)> Terimakasih karna telah memberikan kesempatan membaca kepada banyak orang.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan