-->

Kronik Toggle

Catatan dari Balik Dapur Si Tukang Masak

“Ayah saya wartawan, kakak saya wartawan, ibu saya penulis. Saya rasa menulis sudah ada dalam darah saya. Memasak dan menulis tak terlalu berbeda. Kalau memasak itu mencampur-campur bahan makanan, kalau menulis itu mencampur kata-kata,” terang Bara Pattiradjawane, dalam peluncuran buku keduanya, Catatan dari Balik Dapur Si Tukang Masak (CDBDSTM), Minggu (28/6) di Istora Senayan.

Pria yang lebih senang dijuluki tukang masak daripada chefini sudah pernah menulis buku, yaitu Masak Seru Bareng Si Tukang Masak, yang didedikasikannya untuk para mahasiswa kos-kosan dan para pemula yang ingin belajar masak. Di buku pertamanya tersebut, Bara menceritakan sisi lain kehidupannya di balik kamera. Perjalanan hidup, pengetahuan, hingga nostalgia, ia tumpahkan sambil menyelipkan resep-resep yang ia kreasikan sendiri atau merupakan modifikasi.

Adapun buku keduanya, CDBSTM, merupakan kumpulan tulisan Bara yang dipublikasikan oleh sebuah majalah gratis ibu kota. Setelah tiga tahun menulis di majalah tersebut, penerbit Gagas Media menganggap bahwa mereka memiliki visi yang sama dengan Bara. “Kami tak mau menerbitkan buku yang isinya hanya resep. Mas Bara adalah sosok tepat untuk anak muda yang punya sejuta alasan untuk tidak memasak. Di buku ini terdapat resep-resep yang mudah, menyenangkan, dan tidak ribet. Dari caranya bertutur dan memasak, terlihat bahwa Mas Bara ini memasak dengan cinta,” ujar Windy Ariestanty, Pemimpin Redaksi Gagas Media, dalam peluncuran buku ini.

“Persoalan lidah dan rasa buat saya adalah masalah yang pribadi. Jika Anda suka mencampur dua hal yang menurut orang lain tidak sesuai, tapi Anda sukai, lalu kenapa? Campur saja sesuka Anda,” pungkas Bara. Menurut Bara, semua orang bisa memasak, hanya masalah kemauan saja.

Anda akan menemukan tulisan-tulisan naratif tentang pengalaman Bara yang mudah dimengerti, membumi, dengan resep-resep khas Bara yang mudah dan variatif. Resep-resep yang akan Anda temui di sini antara lain; Rosemary Lamb, jus untuk kesehatan, sup anti-masuk angin, pastel roti goreng, Oriental Steamed Salmon, dan masih banyak lagi. Siap mencoba memasak? Segera cari bukunya di toko-toko buku biasa seharga Rp 39.500.

NAD

*) Dikronik dari Kompas Female, 29 Juni 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan