-->

Kronik Toggle

Surabaya Akan Bangun 250 Perpustakaan Kampung

Jakarta: Pemerintah Kota Surabaya akan membangun pepustakaan di 250 lokasi kampung-kampung di seluruh kota. Program ini direncanakan akan direalisasikan sampai 2010 mendatang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, pemerintah kota menganggarkan dana sebesar Rp 5 milyar untuk mewujudkan rencana ini. Secara bertahap, perpustakaan ini akan dibangun dari taman baca yang berada di tingkat RT atau RW. “Untuk satu perpustakaan sekitar 5 jutaan,” kata dia, Senin (18/5) siang.

Dana ini merupakan dana untuk pembangunan infrastruktur perpustakaan atau taman baca. Adapun untuk pembelian buku dan bahan perpustakaan, diharapkan dapat diusahakan secara swadaya oleh kampung masing-masing. Pemerintah, lanjut dia, diperkirakan akan membantu dengan menyumbangkan buku-buku dan leaflet tentang kota Surabaya.

Menurut Tri Rismaharani, saat ini, pemerintah masih akan terus mematangkan rencana pembangunan perpustakaan kampung ini. Rencana ini akan dimatangkan seiring dengan rencana pemerintah membentuk peraturan daerah tentang perpustakaan.

ANANG ZAKARIA

*) Dikronik dari Tempointeraktif 18 Mei 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan