-->

Kronik Toggle

Asyik, Ada Kawasan Wisata Buku di Bandung

Kota Bandung kini memiliki wisata buku, bahkan disebut-sebut sebagai wisata buku pertama di Indonesia. Salam Book House (SBH) yang berada di Jalan Pasirwangi No 1 ini terdiri dari Book Store, Learning Center, Book Community, dan program wisata yang mengajak pengunjung melihat proses pembuatan buku dari hulu ke hilir.

“Wisatanya itu mengenalkan pengunjung mulai dari proses penulisan, penerbitan, percetakan sampai penjualan,” ujar Bambang Trim Direktur Salam Book House dalam jumpa pers Grand Launching Salam Book House, di Salam Learning Center, Minggu (31/5/2009).

Bambang berharap wisata buku dengan konsep book town seperti ini dapat dicopy paste oleh daerah-daerah lain di Indonesia. “Seperti di Magelang ada kampung buku, Bandung jadi kota pertama dengan konsep book town,” ujar Bambang.

Di lahan seluas kurang lebih 8 ribu meter persegi ini lengkap tersedia book center dengan 1.000 judul buku, learning center untuk tempat pendidikan dan pelatihan untuk menjadi penulis, penerbitan, dan percetakan. Perpustakaan juga direncanakan segera dibuat.

Meski masih didominasi buku-buku bertema islami namun Bambang mengatakan SBH tidak tertutup untuk semua jenis buku. “Semua penulis atau penerbit bisa mendisplay bukunya di SBH,” ujar Bambang.

Sementara itu, Didin Hafiduddin seorang ulama yang merupakan Ketua Umum BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) yang juga meresmikan pembukaan SBH ini menuturkan, SBH dapat menjadi alternatif wisata yang biasanya hanya diisi dengan aspek kalbu. “Wisata ini juga disertai dengan aspek akal. Pendekatan yang komprehensif untuk pengembangan umat. Ada dzikir dan juga pikir,” ujar Didin.

* Dimuat dari http://bandung.detik.com/read/2009/05/31/144153/1140149/486/wisata-buku-baru-di-kota-bandung; diunduh pada 31 Mei 2009

Dirilis [I:BOEKOE]

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan