-->

Kronik Toggle

Dewan Sepakat Penertiban PKL Buku Untuk Rangsang Minat Baca

SURABAYA-Satu diantara misi yang diemban Pemerintah Kota Surabaya dalam penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) buku Jalan Semarang adalah mengembangkan wisata baca. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, khususnya para siswa di Surabaya.

BAKTIONO Wakil Ketua Komisi D DPRD Surabaya pada Suara Surabaya, Jumat (04/04) mengatakan, sepakat dengan program Pemkot untuk merangsang minat baca masyarakat ini. Termasuk dengan rencana memindahkan PKL buku Jalan Semarang, ke suatu tempat, dimana masyarakat bisa membaca, berwisata, sekaligus membeli buku.

Ia mengakui, omset pedagang akan turun diawal-awal perpindahan. Namun seiring dengan sosialisasi tempat pindah mereka, maka masyarakat juga semakin tahu. “Kita berharap, Pemkot jangan hanya memindahkan saja, tapi tidak ikut bertanggungjawab dalam pengembangan mereka.”

BAKTIONO berharap, PKL buku berpikiran positif bahwa Pemkot akan memberikan tempat yang lebih bagus dari posisi sekarang. Selain itu, tempat yang akan ditawarkan Pemkot, juga tidak akan mengganggu pemakai jalan.

Selain itu kata BAKTIONO, PKL harus memahami tujuan awal relokasi ini. “Pertama, untuk merangsang minat baca masyarakat, menambah pendapatan pedagang, dan ketiga untuk menambah image kalau Surabaya itu kota yang tertib,” ujarnya.

Menurut pengakuan BAKTIONO, ide merangsang minat baca ini sebenarnya sudah lama mengemuka di lingkungan dewan. Diantaranya adalah, ketika gedung bioskop Mitra diambil alih oleh Pemkot, dewan sempat memiliki rencana menjadikan tempat tersebut sebagai perpustakaan di tengah kota. “Agar muda-mudi yang biasanya hanya cangkrukan disana, bisa berminat untuk membaca di tengah kota.”

Prinsipnya kata BAKTIONO, semua program yang berkaitan dengan pendidikan pasti mendapat dukungan penuh dari dewan. Termasuk, dukungan soal alokasi anggaran. Program-program Komisi D ini dulu belum bisa disinergikan dengan Bappeko.

BAKTIONO berharap dengan hadirnya pimpinan Bappeko yang baru TRI RISMAHARINI, program-program pendidikan ini bisa dilaksanakan.(rif/ipg)

*) suarasurabaya.net 4 April 2008

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan