-->

Kronik Toggle

Komunitas 1001 Buku Gelar Sorting Packing Distributing

SURABAYA-Komunitas 1001 Buku Surabaya melakukan Sorting Packing Distributing (SPD) di Superindo Surabaya Plaza, Minggu (29/07). SPD merupakan kegiatan lanjutan dari rangkaian kegiatan utama 1001 Buku setelah pengumpulan buku melalui Book Drop Box (BDB).

Digelarnya DBD tersebut bertujuan memudahkan masyarakat luas untuk menyumbangkan buku, majalah dan bacaan lain, baru maupun bekas untuk perpustakaan anak atau taman baca anak-anak.

Sementara itu kegiatan BDB Surabaya berlokasi di 3 Supermarket Superindo, diantaranya Surabaya Plaza, Mulyosari dan Rungkut, dan diadakan sejak 21 Juni-15 Juli 2007. Dari hasil SPD, pada Minggu (29/07) terkumpul 201 majalah dan buku cerita. Bahan bacaan terdiri dari Majalah Bobo 96 buah, Majalah Donal 3, Majalah Junior 3, Majalah Mentari, Majalah Agama 45, Aneka Majalah Anak 27 dan buku cerita anak sebayak 8 buku.

Sortir Packing Distribusi 1001buku ini serentak dilakukan di 4 Kota, Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya pada tanggal 29 Juli 2007. WISNU UTOMO Penanggung Jawab SPD 1001 Buku Surabaya mengatakan, meski 1001 buku di Jakarta sudah sering melakukan BDB dan SPD buku, Surabaya baru sekali ini, makanya masyakarat belum mengenal program dan kegiatan tersebut.

Diharapkan WISNU, setelah kegiatan di Superindo ini lebih banyak perusahaan dan masyakarat yang mau menyumbang bahan bacaan khususnya untuk anak-anak untuk didistribusikan ke perpustakaan dan taman bacaan jaringan 1001 buku. “Hasil pengumpulan buku di Surabaya ini akan didistribusikan ke Taman Baca Anak “Kawan Kami” di Putat Jaya dan Taman Baca Anak “Rumah Pelangi” yang berlokasi di Rungkut, Mulyosari dan Gubeng. Penyerahan buku akan diberikan tanggal 5 Agustus mendatang bertepatan dengan acara “Ayo Membaca” di Taman Baca Anak Kawan Kami,” papar WISNU UTOMO saat ditemui suarasurabaya.net, Minggu (29/07).

Komunitas 1001Buku adalah kelompok relawan dengan beragam latar belakang, yang direkatkan oleh keinginan sama untuk menyumbangkan waktu, tenaga dan berbagai keahlian untuk mendukung perpustakaan dan taman bacaan anak yang tersebar di berbagai wilayah.

Kegiatan 1001 Buku terdiri dari, Pengumpulan Buku dengan cara Jemput Bola, pengambilan buku-buku sumbangan ke rumah atau kantor penyumbang, Sapu Jagad, gerakan pengumpulan buku di pemukiman, Book-a-thon: gerakan pengumpulan buku di tenpat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, dll; dan Book Drop Box (BDB).

Sorting Packing Distributing merupakan kegiatan lanjutan dari rangkaian kegiatan utama 1001 Buku setelah pengumpulan buku (salah satunya melalui Book Drop Box). Kegiatan ini diselenggarakan setelah persediaan buku mencukupi untuk didistribusikan ke perpustakaan jaringan 1001 Buku.

SPD dilakukan dengan rangkaian kegiatan penyortiran atau pemilahan buku berdasarkan jenis dan kelayakannya, penomoran pada label, penempelan label pada buku, pembubuhan stempel pada buku, pembagian buku sesuai dengan data perpustakaan, penginputan data ke komputer dan pengemasan buku.

Sementara itu, ditambahkan WISNU UTOMO, di Jakarta, Minggu (29/07), SPD diadakan di Mushalla Rahardja Paramadina Pondok Indah Plaza I Jakarta. SPD di Jakarta hasil BDB di World book Day 2007, Gramedia Fair, JBF 2007, Festival Komik, Gran Melia, ZOE Depok, Superindo dan sumbangan pribadi langsung.(tok)

*) Suarasurabaya.net, 29 Juli 2007

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan