-->

Kronik Toggle

Besok, Bedah Buku Mesin Ketik Tua

Padang: Besok, Komunitas Pegiat Sastra Padang (KPSP), Sumatra Barat, akan menggelar peluncuran dan bedah buku Mesin Ketik Tua karya H. Kamardi Rais Dt. P. Simulie di Gedung Abdullah Kamil Jalan Diponegoro Padang.

Peluncuran buku itu akan dihadiri oleh Gubernur Sumatra Barat Gamawan Fauzi. Sebagai pembedah akan hadir sejarawan Dr. Mestika Zed dari Universitas Negeri Padang dan Dr. Ir. Yuzirwan Rasyid, M.S Dt Pahlawan G.P Gajah Tongga, akedemisi dan ninik mamak.

Menurut Ketua KPSP Yurnaldi, acara ini diadakan terkait dengan Hari Pers Nasional (HPN)ke-60 dan sekaligus maalekkan (merayakan) hari ulang tahun ke-73 Kamardi Rais, salah seorang jurnalis senior, mantan Ketua PWI Sumatra Barat dua periode (periode 1981-1985 dan 1985-1989) dan kini Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatra Barat.

Buku Mesin Ketik Tua merupakan pemikiran dan renungan perjalanan jurnalistik Kamardi Rais selama 53 tahun. Buku ini memuat berbagai persoalan adat dan budaya Minangkabau, sejarah, sosial, politik, dan in-memoriam tokoh-tokoh pers Sumatra Barat.

“Ketekunan menulis adalah sikap yang sesungguhnya
perlu kita teladani dari sosok Kamardi Rais. Banyak catatan-catatan peristiwa dan fakta sejarah yang terjadi luput dari perhatian kita,” ulasnya.

Dalam perspektif sejarah pers di Indonesia, Yurnaldi mengatakan, orang Minang bukan kemarin mulai membaca koran. Di bulan Desember 1864, orang Minang untuk pertama kalinya membaca surat kabar berbahasa Melayu.

Pada bulan itu edisi perdana Bintang Timor diluncurkan. Itulah koran pribumi pertama (vernacular press) yang terbit di kota yang sudah berusia tua ini. “Padang memang merupakan kota pers tertua di Sumatra dan termasuk kota Indonesia yang paling awal mengenal surat kabar.”

“Untuk itu pula, kehadiran buku yang diterbitkan Pusat Pengkajian Islam Minangkabau ini dalam kerangka sejarah pers menjadi sangat penting nilainya,” ujarnya lagi.

Budi Putra

*) Dikronik dari Tempointeraktif 10 Maret 2006

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan