-->

Kronik Toggle

Arifin Panigoro Meluncurkan Dua Buku Politik

Jakarta: Politikus PDI Perjuangan, Arifin Panigoro malam ini meluncurkan buku berjudul “Membangun Lansekap Politik Baru” dan “Sketsa Politik Arifin Panigoro” yang ditulis oleh Suryana Sudradjat dan Budi Wibowo di Graha Niaga, Jakarta, Rabu (29/9) malam. Hadir dalam peluncuran buku itu sejumlah tokoh politik dan ekonomi seperti Ginandjar Kartasasmita, Aburizal Bakrie, Hidayat Nur Wahid, Siswono Yudohusodo, Fahmis Idris, Marsilam Simandjuntak, Robby Djohan dan Eep Saefullah Fatah.

Dalam buku “Sketsa Politik Arifin Panigoro” terungkap peran Arifin dalam pertemuan di Hotel Radisson, Yogyakarta, 5 Februari 1998. Dalam pertemuan itu, Panigoro dinilai melakukan sebuah pembangkangan terhadap negara, sebelum akhirnya rezim Orde Baru tumbang. Pertemuan itu sendiri dianggap sebagai debut politik pertama Panigoro yang tercatat pada tingkat publik.

Menurut pengamat politik Fachry Ali, yang berbicara dalam peluncuran buku itu, Panigoro mempunyai mimpi yang tak bisa dikonstruksikan yang kemudian akumulasi mimpi itu akhirnya terlontar begitu saja dalam pertemuan Radisson tersebut. Fachry Ali menilai buku tersebut masih bersifat kronologis. “Buku ini belum menempatkan diri pada sprekturm perubahan yang lebih luas,” ujarnya. Kendati demikian, ia menilai buku semacam ni tetap penting bagi pembangunan politik di Indonesia.

Peluncuran buku ini ditandai dengan penyerahan buku oleh Panigoro kepada sejumlah rekan dekatnya seperti Hidayat Nur Wahid, Siswono Yudo Husodo, Aburizal Bakrie, Marsilam, Fahmi idris, Ginandjar dan Robby Djohan. Peluncuran ditutup dengan sebuah diskusi “Membangun lansekap politik baru” dengan pembicara Eep Suafullah Fatah, Marsilam, Fahmi Idris, Hidayat Nur Wahid dan juga Panigoro.

Thontowi – Tempo

*) Dikronik dari Tempointeraktif, 29 September 2004

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan